×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 550

INDONESIA KERJA NYATA, TEMA HUT PROKLAMASI 17 AGUSTUS 2016

Written by
Berita Kegiatan

 

Upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2016 di halaman kantor Pengadilan Agama Watansoppeng, berlangsung khidmat . Upacara yang dimulai jam 07.00 Wita itu berlangsung selama kurang lebih 45 menit.

Upacara ini dihadiri oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Watansoppeng yaitu, Wakil Ketua, Hakim, seluruh pejabat struktural maupun fungsional, serta staff maupun pramubakti. Pada Upacara Peringatan Kemerdekaan RI Ke -71 ini, Ketua Pengadilan Agama  Watansoppeng Drs.H.Patte,S.H,M.H sebagai pembina upacara dan komandan upacara Hairuddin, Perwira Upacara Nasrun, S.Ag,Protokol Aniartati,Ajudan Arfan Jaya,Penmbacaan UUD Tahun 1945 Eviani,S.H., Pembacaan Panca Prasetyiakopri Mastang, S.Ag, Dirigen Heriani,S.H. Pengibar Bendera merah putih terdiri dari Zuhwan, A. Mudiah , dan Amirullah, serta Pembacaan Doa Drs.Kasang.

Momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke -71 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun ini ,merupakan moment yang tepat untk mengekspresikan rasa kegembiraan bagi seluruh rakyat Indonesia, ketika negeri ini diproklamasikan 71 tahun yang lalu oleh,Bung Karno dan Bung Hatta,sebagai Negara yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.

Dalam sambutannya, Pembina Upacara berpesan melalui Peringatan HUT RI ke-71, kita tingkatkan kesadaran hidup dan kebhinekaan untuk kokohkan persatuan Republik Indonesia. Kita sukseskan kepemimpinan Indonesia untuk kokohkan solidaritas .Selain itu, dengan peringatan ini diharapkan kita juga sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dapat ikut andil dalam upaya membangun Bangsa dan Negara dengan berusaha untuk terus meningkatkan pelayanan yang seoptimal mungkin bagi masyarakat pencari keadilan sesuai dengan tugas pokok kita masing-masing yang diselaraskan tema yaitu Indonesia Kerja Nyata!!

Ke depannya diharapkan semangat kemerdekaan  seperti ini akan terus ada dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bekerja maupun bermasyarakat.

 

Last modified onKamis, 18 Agustus 2016 01:01
(1 Vote)
Read 648 times

Pimpinan

  • Ketua

    Ketua
    Dra.Hj.Sitti Nurdaliah,MH

  • Panitera

    Panitera
    Sudirman, SH

  • Sekertaris

    Sekertaris
    Muh.Richwan Hamid, SH

  • Hakim

    Drs. Kasang

  • Hakim

    Hakim

    Dra. Hj. Asriah

  • Hakim

    Drs. H. Johan

  • Hakim

    Drs. H. A. Nurjihad

  • Hakim

    Drs. H. Syarifuddin, MH

  • Hakim

    Drs. Muhammad Yunus, MH

  • Hakim

    Drs. Muhammad Junaid

  • Hakim

    Dra. Hj. A. Djohar

  • Hakim

    Dra. Hj. Miharah

Seputar Kegiatan

Syarat Berperkara

Perkara Cerai Gugat / Talak

  1. Foto Copy KTP Penggugat/Pemohon sebanyak yang masih berlaku dan diberi meterai  6000, kemudian dilegalisir di Kantor Pos.
  2. Foto Copy Kutipan/Duplikat Akta Nikah Penggugat/Pemohon sebanyak 1 lembar, dan diberi meterai 6000 kemudian dilegalisir di Kantor Pos.
  3. Menyerahkan surat gugatan/permohonan sebanyak 6 lembar
  4. Membayar Panjar Biaya Perkara melalui Bank BRI di Wilayah Kabupaten Soppeng, yang jumlahnya sesuai dengan perhitungan Meja 1 yang tersebut dalam SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar).
  5. Bagi pihak yang menggunakan Kuasa Hukum,seperti Advokat/Pengacara harus melampirkan surat kuasa khusus dan Foto Copy Kartu Advokat 1 lembar yang masih berlaku.
  6. Bagi pihak yang menggunakan Kuasa Insidentil, harus menyertakan surat Izin dari Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng.
  7. Bagi pihak Penggugat/Pemohon yang Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau anggota TNI/POLRI, harus melampirkan surat izin bercerai dari atasannya.

Perkara Gugatan Waris

  1. Foto Copy KTP Penggugat/Para Penggugat, jika penggugatnya banyak yang diberi  meterai 6000 dan dilegalisir di Kantor Pos.
  2. Silsilah Ahli waris yang dibuat oleh Kepala Desa/Lurah tempat tinggal Penggugat.
  3. Surat Keterangan  Kematian Pewaris dari  Lurah/ Kepala Desa tempat tinggal pewaris.
  4. Membayar Panjar Biaya Perkara melalui Bank BRI di Wilayah Kabupaten Soppeng yang jumlahnya sesuai dengan  taksiran meja 1 yang tersebut dalam SKUM ( Surat Kuasa Untuk Membayar).
  5. Bagi Penggugat yang menggunakan kuasa hukum  Pengacara/Advokat, harus melampirkan Surat Kuasa Khusus dan foto copy Kartu Anggota Advokat yang masih berlaku.
  6. Surat Gugatan dibuat  3  buah untuk  majelis Hakim, 1 buah untuk  PP , 1 buah untuk dalam berkas, dan sejumlah pihak dalam gugatan waris tersebut.

Perkara Harta Bersama / Gono Gini

  1. Foto Copy KTP Penggugat yang masih berlaku  1 lembar yang diberi meterai 6000 dan dilegalisir di Kantor Pos.
  2. Foto Copy Kutipan/Duplikat Akta Nikah Penggugat, 1 lembar yang diberi meterai 6000 dan dilegis di Kantor Pos, jika pengajuan gugatan harta bersama tersebut bersama-sama dengan gugatan perceraian.
  3. Foto Copy Akte Cerai 1 lembar yang diberi meterai 6000 dan dilegis di Kantor Pos, jika pengajuan gugatan harta bersama setelah terjadinya perceraian Penggugat dengan Tergugat.
  4. Membayar Panjar Biaya Perkara melalui Bank BRI di Wilayah Kabupaten Soppeng, yang jumlahnya sesuai dengan taksiran Meja 1  seperti tersebut dalam SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar).
  5. Bagi  Penggugat / Tergugat yang menggunakan Kuasa Hukum seperti Pengacara/Advokat, harus melampirkan Surat Kuasa  Khusus dan Foto Copy Kartu Anggota Advokat yang masih berlaku 1 lembar.
  6. Surat gugatan dibuat  6 lembar, masing-masing 3 untuk majelis hakim, 1 buah untuk PP 1 buah untuk Tergugat, dan 1 untuk dalam berkas.

Permohonan Dispensasi Nikah

  1. Foto copy KTP orang tua orang yang dimohonkan Dispensasi Kawin (bermaterai 6000, cap pos).
  2. Foto copy Akta Kelahiran orang yang dimohonkan Dispensasi Kawin (bermaterai 6000, cap pos).
  3. Surat penolakan dari Kantor Urusan Agama (KUA).
  4. Surat keterangan/pengantar dari Kepala Desa, yang isinya akan mengurus Dispensasi Kawin.
  5. Surat permohonan dispensasi kawin yang ditujukan kepada Kepala Pengadilan Agama Watansoppeng.
  6. Membayar Panjar Biaya Perkara melalui Bank BRI di Wilayah Kabupaten Soppeng.

Permohonan Itsbat Nikah

  1. Foto copy KTP Pemohon I dan Pemohon II yang masih berlaku, dan diberi meterai 6000 yang dilegalisir di Kantor Pos.
  2. Permohonan Isbat nikah tidak terkait dengan perkawinan poligami.
  3. Membayar Panjar Biaya Perkara melalui Bank BRI di Wilayah Kabupaten Soppeng yang jumlahnya  sesuai dengan taksiran Meja 1 yang tersebut dalam SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar).
  4. Bagi yang menggunakan Kuasa Hukum, harus menyertakan Surat Kuasa Khusus.
  5. Surat Permohonan Isbat Nikah dibuat  6  lembar.

Alamat Kantor

Jln. Salotungo No. 9. Watansoppeng
Telp./Fax. (0484) 21128
Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sulawesi Selatan, 90861